Ilmu Budaya Dasar

Ilmu yaitu usaha untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam pemikiran manusia itu sendiri. Sedangkan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi secara turun menurun yang dianggap warisan dari nenek moyang.

Ilmu budaya dasar adalah sesuatu yang mempelajari pengetahuan dasar dan pengertian umum konsep konsep yang mengkaji masalalah manusia dan kebuyaan.

Di Indonesiia, ilmu budaya dasar dikenal sebagai pengganti istilah dari “basic humnanitiesm”. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar, diharapkan seseorang akan menjadi lebih manusiawi dan berbudaya. Dalam Bahasa Inggris ilmu budaya dasar itu lebih dikenal dengan sebutan ’The Humanities’. Humanities itu dalam bahasa Latin dapat diartikan : Humnus artinya manusia, budaya, dan halus. Jadi dapat disimpulkan dengan mempelajari ilmu budaya dasar, diharapkan seseorang bisa lebih manusiawi, berbudaya, dan halus.

Tujuan IBD adalah:

  1. Membuat manusia peka terhadap lingkungan budaya. Maksudnya agar setiap manusia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.
  2. Membuat manusia berdaya pikir kritis dan memperluas wawasan terhadap masalah kemanusiaan dan budaya.
  3. Membuat manusia menjadi calon pemimpin yang berwawasan luas. Dalam arti manusia itu sendiri tidak bersifat kedaerahan atau pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Dibutuhkan sarana berkomunikasi agar mereka dapat dengan mudah dalam berkomunikasi antara 1 dengan lainnya.

Ruang lingkup IBD yaitu:

 

  1. Berbagai aspek kehidupan yang berupa ungkapan masalah manusia dan budaya, yang dapat dikaitkan dengan pengetahuan budaya, baik dari masing masing, maupun secara gabngan dalam pengetahuan budaya
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal.

 

Dari dua masalah tersebut, dapat dilihat bahwa manusia manusia merupakan sentral pengkajian. Pokok bahasan yang dikembangkan yaitu:

  • Manusia dan cinta kasih
  • Manusia dan keindahan
  • Manusia dan penderitaan
  • Manusia dan keadilan
  • Manusia dan pandangan hidup
  • Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
  • Manusia dan kegelisahan
  • Manusia dan harapan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: