Manusia dan Penderitaan

Dalam penderitaan, kata derita sendiri berasal dari bahasa sansekerta, “dhra” yang artinya menahan. Derita berarti sesuatu yang tidak menyenangkan, dapat pada lahir, batin, atau lahir batin.

Siksaan
Siksaan dapat diartikan siksa jasmani, atau siksaan rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, maka timbulah penderitaan, siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.
Kebimbangan dialami apabila seseorang bingung untuk menentukan pilihan mana yang akan diambil
Kesepian dialami oleh seseorang yang merupakan rasa sepi dalam diri sendiri atau jiwanya walaupun dia di dalam keramainan. Kesepian disini berbeda dengan arti sepi seperti petapa atau lainnya yang berada di tempat sepi, tetapi kesepian yang merupakan siksaan.
Ketakutan merupakan siksaan batin yang apabila dibesar besarkan tidak pada tempatnya, maka disebut phobia. Contohnya phobia ringan yaitu seperti orang yang takut kepada suatu jenis hewan atau serangga. Tapi juga ada beberapa orang yang memang mengalami phobia yang lebih hebat lagi, dan bahkan dapat timbul di tempat ramai seperti pada kesepian. Menurut para ahli medis, phobia muncul karena suatu shock emosional, atau suatu tekanan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang menyebabkan orang mebjadi ketakutan:
• Claustrophobia dan agarophobia
• Gamang
• Kegelapan
• Kesakitan
• Kegagalan

Kekalutan Mental
Kekalutan mental penderitaan batin. Yaitu suatu gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan tidak bertingkah wajar.
Gejala gejala permulaan seseorang mengalami kekalutan mental, secara jasmani yaitu seperti pusing, sesak napas, demam dan nyeri pada lambung, sedangkan pada sisi rohani, yaitu seperi cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu dan mudah marah.
Sebab sebab timbulnya kekalutan mental yaitu kepribadian yang lemah, terjadinya konfilk sosial budaya, dan cara pematangan batin. Proses kekalutan mental dapat mendorong seseorang kearah positif maupun negatif. Pada kasus negatif, kekalutan dapat menimbulkan frustasi. bentuk bentuk frustasi antara lain :
• Agresi
• Regresi
• Fiksasi
• Proyeksi
• Identifikasi
• Narsisme
• Autisme

Penderitaan dan Perjuangan
Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat maupun ringan. Penderitaan adalah bagian dari kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Manusia adalah makhluk yang berbudaya, dengan budayanya itu manusia mengatasi penderitaan yang mengancam. Hal ini membuat manusia menjadi lebih kreatif baik yang mengalami penderitaan maupun yang mengamati penderitaan.

Penderitaan dan Sebab Sebabnya
Penderitaan dapat dikelompokan berdasarkan sebab sebab dari timbulnya penderitaan tersebut, diantaranya:

1) Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam disekitarnya.
Terkadang disebut juga nasib buruk, tentunya agar manusia dapat memperbaikinya
2) Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan Tuhan
Penderitaan juga dapat terjadi karena penyakit atau siksa Tuhan. Namun kesabaran, tawakan dan optimisme merupakan usaha dari manusia untuk mengatasi penderitaan itu.

Pengaruh Penderitaan
orang yang mengalami penderitaan dapat memperoleh pengaruh bermacam macam dan sikap dalam dirinya. Sikap tersebut dapat berupa sikap positif, maupun negatif. Sikap negatif contohnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri.
Sikap positif yaitu sikap optimis menghadapi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan merupakan rangkaina penderitaan, melainkan untykn melepaskan penderitaan tersebut, dan penderitaan merupakan bagian dari kehidupan. Contoh sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, tidak muncul sikap keras atau anti, dan sebagainya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: