Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia ialah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab yaitu berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan emnanggung akibatnya.
Sebagai makhluk sosial yang memiliki akal budi dan berbudaya atau beradab, manusia harus memiliki rasa tanggung jawab dikarenakan akibat baik dan buruk yang telah diperbuatnya dan menyadari bahwa orang lain memerlukan tanggung jawab n pengorbanannya. Pada dasarnya tiap manusia perlu menanamkan rasa akan tanggung jawab dikarenakan rasa tanggung jawab adalah rasa dimana kita menyadari dan berani beratnggung jawab atau menanggung resiko yang telah kita perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja.
Setiap manusia memikul rasa tanggung jawab sejak mereka bisa hidup bersosialisasi dengan sesama. Contohnya seorang siswa memiliki rasa tanggung jawab untuk belajar. Rasa tanggung jawab dapat timbul karena manusia hidup bermasyarakat. Dengan hidup bermasyarakat manusia jadi tidak bisa berbuat sesuka hatinya karena segala sesuatunya mesti dipertanggung jawabkan. Tanggung jawab bersifat kodrat maksudnya setiap manusia memiliki tanggung jawab masing – masing. Seperti pepatah mengatakan berani berbuat berani bertanggung jawab jadi segala sesuatu yg kita perbuat baik sengaja ataupun tidak sengaja itu musti ada pertanggung jawabannya.
tanggung jawab banyak jenisnya. Diantaranya adalah :
• Tanggung jawab terhadap sesama
• Tanggung jawab terhadap TUHAN
• Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
• Tanggung jawab terhadap keluarga
• Tanggung jawab terhadap masyarakat
• Tanggung jawab terhadap Bangsa / Negara

Pengabdian dan Pengorbanan
Pengabdian dan pengorbanan merupakan wujud dari tanggung jawab. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.
1. Pengabdian
Pengabdian adalah perbiatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai p[erwujudan kesetiaan, cinta, kasih, sayang, hormat atausatu ikatan dan semua itu dilekukan dengan ikhlas.

2. Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata mata.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: