Televisi, Suatu Teknologi yang Sangat Berpengaruh Bagi Manusia

Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat setiap insan manusia mau tidak mau, siap tidak siap menerima datangnya dunia teknologi dan komunikasi. Sangatlah terlihat betapa banyaknya teknologi dan komunikasi bermunculan dalam waktu bersamaan, seperti televisi

Sejauh yang kita kenal televisi adalah alat komunikasi visual yang menghadirkan suatu hiburan dan sebuah berita. Siapa yang tidak kenal akan televisi. Mulai dari yang muda hingga yang Lanjut usia pun mengenalnya dan menggemari akan manfaat televisi.

Kata televisi sendiri berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Selain menghadirkan suatu hiburan, televisi juga menghadirkan sebuah berita, baik berita dari dalam maupun luar negeri. Berita biasanya banyak disaksikan oleh kaum yang sudah dewasa ataupun orang yang sudah atau ingin mengerti akan dunia luar.

Manfaat positif yang dapat kita peroleh jika dilihat dari sisi televisi, yaitu : kita dapat mengetahui informasi dari suatu iklan produk tertentu, kita dapat menonton siaran televisi yang kita sukai, memberikan informasi kepada penonton melaui media pemberitaan dan siaran langsung baik nasional maupun internasional dan lain-lain.

Meskipun televisi memiliki banyak manfaat, ternyata menonton televisi juga memiliki dampak yang tidak sedikit. Bayangkan setiap harinya, berapa banyak pengguna televisi. Kita mungkin tidak bisa terlepas dari dunia ini, karena teknologi dan komunikasi baik media cetak maupun media elektronik ibarat kata seperti makanan kita sehari-hari.

Tentu saja televisi dapat membuat kita kecanduan karena kegunaannya. Contoh dampak dari kecanduan televisi diantaranya membuat kita lupa waktu untuk belajar, istirahat, makan dan sebagainya karena kita terlalu asyik menonton televisi yang disiarkan oleh stasiun televisi, membuat anak-anak berperilaku tidak baik kepada orang tua mereka karena anak-anak cenderung mengikuti tingkah laku mereka yang ada di televisi, membuat seseorang meniru tokoh idola yang mereka sukai mulai dari gaya hidupnya sampai penampilannya saat tampil dilayar televisi.

Ada juga beberapa dampak spesifik pada tubuh kita, yaitu:

1.Otak
Salah satunya adalah menurunnya kualitas kinerja otak, sehingga otak lam kelamaan akan mengalani penurunan fungsi seperti menimbulkan rasa malas untuk berpikir dan cepat lelah jika untuk melakukan sebuah pemikiran

2. Mata
Mata adalah salah satu alat vital bagian tubuh manusia, jika mata terus menerus dipacu kepada benda visual yang mengadung radiasi akan mengakibatkan kelelahan pada mata hingga bisa menimbulkan kecacatan.

3. Umur
Selain yang diatas, televisi juga berdampak pada umur kita. Coba dibayangkan, berapa Lama umur dan waktu yang kita habiskan hanya untuk menonton televisi ? sedangkan waktu itu sangatlah berharga, jika umur kita hanya dihabiskan untuk menonton televisi saja, berarti kita mensia-siakan waktu dan umur kita, sungguh disayangkan bukan ?

Maka dari itu janganlah televisi dibuat menjadi suatu hobi atau keharusan saja, tetapi buatlah televisi untuk menjadi sebuah hal sesaat untuk sebuah hiburan. Kita sebagai pengguna teknologi dan komunikasi sebaiknya dapat memahami betul-betul apakah kegunaan media tersebut baik untuk kita gunakan, dengan mempertimbangkan manfaat positif dan dampak negatif yang akan terjadi dari masing-masing kegunaan teknologi dan komunikasi tersebut sebelum kita memakainya. Dengan begitu perkembangan teknologi dan komunikasi tidak akan menimbulkan keresahan dan masalah bagi masyarakat luas pada umumnya, serta pada khususnya bagi pengguna teknologi dan komunikasi.

Sumber:

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/beberapa-manfaat-serta-dampak-dari-penggunaan-teknologi-dan-komunikasi/
http://duniatv.blogspot.com/2008/02/sejarah-televisi.html
http://donkzpunkz.wordpress.com/2009/12/28/tentang-manfaat-dan-dampak-menonton-televisi/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: