“x-file.enigma” sebuah blog yang fenomenal

hmm, dikatakan seperti itupun sepertinya memang terkesan lebay tapi memang seperti itulah keadaannya..
blog yang beralamat di http://xfile-enigma.blogspot.com/ ini memang sebuah blog yang sudah cukup terkenal sebagai blog yang membahas hal seperti fenomena-fenomena misteri, UFO, makhluk cryptozoolgy, dan lainnya. Keorisinalitasnya memang patut diacungi jempol. jika kebanyakan bolg lain hanya mengcopas artikel-artikel dari blog lain, maka blog ini mungkin merupakan sumber mereka mengcopas. Kebanyakan isi artikelnya memang merupakan bahasan-bahasan yang baru dan belum kita ketahui.

Dan mohon maaf, saya memang tidak meminta izin kepada si empunya blog ini untuk saya bahas, karena memang dia sedang “hilang”, yah benar hilang. Maka dari itu saya tertarik untuk sedikit membahas blog ini sekaligus mendokumentasikannya jika sewaktu waktu blog ini juga ikut “hilang”. dan tentang “hilang”nya ini lebih baik kita bahas terakhir, sekarang kita melihat saja dulu blog enigma ini oke?

Berikut tampilan dari si blog tersebut:

ya, dilihat dari tampilan awal blog ini memang terkesan ingin membahas seuatu yang tidak biasa. Dari mulai ilustras sebuah bola api dalam suatu latar hitam sedikit berkabut (menurut saya), yah.. kesannya memang misterius.

untuk bisa lebih jelasnya lagi mari kita membahas sedikit menu-menu yang ada pada layar home si blog ini.

untuk melihat pfofile dari si pembuat blog, ayo kita pilih menu My profile:

Dan lihat. Foto profil yang berupa tatapan dingin dari sebelah mata kanannya, dengan warna pucat? (dan menurut saya sedikit sipit) yaa, dan berikut data yang ia tampilkan hanya: jenis kelamin (pria), lokasi (jakarta), dan minat (God?), dengan nama yang digunakannya adalah “enigma”. Whew, kembali saya katakan ini misterius. Tapi jika dilihat dari komen-komen yang ada di artikelnya. dia biasa dipanggil dengan ‘enigma”, “bro”, “bung E”, dan lainnya (sesuka hati), tapi agar terdengar akrab mari kita panggil saja dia “bung E”.

walaupun dilampirkan email, tapi itu semata mata hanya link untuk langsung menulis pesan ke emailnya.

‘About this blog’:

ini hanya sebagian dari isi menu tersebut, lebih jelasnya lihat langsung deh.

dikatakan bahwa dia tidak akan membahasa hal hal yang berbau gaib dan tentunya tidak untuk yang bersifat SARA. komitmen dari si empunya blog dengan materi-materi yang akan dibahas di blognya ini memang terlihat keren dan memperlihatkan kalau dia memang bertanggungjawab dan memiliki tujuan yang jelas.

di menu “Riddles” yang dimunculkan oleh bung E ini adalah beberapa teka teki, darinya dan juga dari para pembaca blognya. ya, merupakan suatu konten yang menarik.

“Banner and awards”, suatu menu dimana para pembaca blognya mengapresiasikan kekaguman dan penghargaan mereka kepada blog ini, wow..

ini hanya sebagian dari awards dan banner yang ada..

Dilihat dari banyaknya awards dan testimoni yang diberikan oleh para pembacanya, jelas bahwa blog ini memang bagus dan layak baca..

lalu.., sebenarnya artikel misteri seperti apa sih yang membuat blog ini begitu “wah”nya?

oke, mari kita lihat arsip dan ketegori artikelnya..

banyaknya bahasan dari artikel yang terlihat disini memang bisa dibilang menarik, dengan pembagian katergori yang jelas dan judul judul artikelnya yang membuat kita penasaran untuk membaca. Jumlah dari tulisan dan jeda waktu untuk memposting artikelnya (sebenarnya tidak pasti, tapi rata rata 1-3minggu, tapi juga bahkan lebih lama) yang ada pun memperlihatkan bahwa bung E ini memang eksis untuk blognya.

yang juga khas dan membuat blog ini benar benar orisinil yaitu bagian dari analisis dari bung E kepada tulisannya yang memang terlihat jenius dan memang hebat dalam menganalisa.

berikut merupakan contoh analisis bung E yang saya ambil dari kutipan sebuah artikel yang berjudul Ukiran Helikopter di dinding kuil Abydos ?

hebat.

itu kata yang pertama kali keluar di pikiran saya saat membaca salah satu artikel beserta analisisnya. dia menggunakan berbagai sumber, luar negeri maupun bahasan dari blog lokal, dan mengkombinasikannya dengan pendapat dan analisis fikirnya, dan menghasilkan suatu hipotesis.

Ya, walaupun memang tetap tidak ada hasil akhir yang pasti dari tiap analisisnya, tapi itu justru malah bersifat persuasif dan memancing para pembacanya untuk ikut berfikir dan ikut serta menganalisis untuk menghasilkan spekulasi -spekulasi baru yang merupakan sumber pemikiran pembaca. Tidak jarang justru kasus yang ada terpecahkan dengan analisis bersama antara bung E dan para pembacanya. Hal inilah yang membuat blog ini semakin menarik, dimana bung E yang memberikan respon saat para pembaca memberikan pemikirannya yang membuat pembaca juga sebagai “pemecah kasus” pada artikel bung E ini..

tapi..

Seperti dikatakan di awal bahwa saat ini bung e menghilang. ya memang benar dia tiba-tiba saja menghilang, tanpa ada kabar sedikitpun setelah tulisan terakhirnya “Makhluk yang dianggap sebagai Cadborosaurus terekam kamera di teluk Nushagak, Alaska”. 20 juli 2011, dengan komentar pada artikel terakhirnya yang terus bertambah, bung E tidak kerap muncul

hal ini membuat para “enigma lovers” yang merupakan pembaca setia dari blog ini menjadi bingung dan khawatir. beberapa komentar pembaca:

dapat dilihat bahwa bung E dan artikel artikelnya di blog ini sudah begitu merasuk pada hati para pembaca setianya. banyak komentar komentar yang menyatakan kekhawatiran, kebingungan, ketidak puasan, kekesalan dan bahkan kemarahan yang justru membuktikan kalau blog ini memang sudah mempengaruhi mereka.

lihat saja, pada profil blog ini, jumlah visitor ny sudah mencapai 36075!, dan post terakhir dari bung E ini, jumlah komentar sudah mencapai lebih dari 400 komentar!, yang pada 350 komentar terakhir berisi tentang kekhawatiran dan mempertanyakan keberadaan bung E. memang dalam beberapa tulisan terakhirnya, jeda terbitannya semakin lama, bisa 3minggu bahkan lebih. ini yang menyebabkan berbagai spekulasi dari para pembaca bahwa bung E mengalami suatu kendala, dari mulai menikah, sibuk kuliah, bosan mengurusi blog, ter hack blognya, bahkan sampai meninggal.

seoalah sekarang bung E yang memberikan sebuah misteri dengan “hilangnya” dia, dan menunggu para pembaca untuk mengungkapnya..

ya memang terus terang saya yang merupakan pembaca blog ini pun merasa demikian, mungkin karena memang merindukan tulisan tulisan, misteri dan analisis dari blog ini.

akhir kata untuk bung E, semoga anda baik-baik saja dan kembali untuk memberikan tulisan-tulisan anda dalam blog enigma ini.

    • Azizah Fathia
    • Oktober 31st, 2011

    misterius bgt ya.. jadi penasaran deh.. buka blognya ah😀

    • hehe, iya buka aja keren deh
      tapi sayang bung E udh gk update postnya lagi:/

  1. wew… gue demen nih yang misterius begini :9

    • vika
    • Oktober 31st, 2011

    itu keren banget blognya, daya tarik buat buka blog itu jga besar bgt, (y)

  2. ya gitulah, coba dibuka aja🙂

    • grace natalia heryes
    • Oktober 31st, 2011

    waw waw waw
    cukup misterius ya…. dan w sangat suka blog itu dan tulisan u
    heheheh

    • ayuuuu
    • Oktober 31st, 2011

    lengkap, padat merayap.. *eh
    keren ko tapi..🙂

    • theodorusfredrik03
    • Oktober 31st, 2011

    “enigma”? gw pernah nonton film, kalo ga salah kata “nigma” itu sendiri diambil dari bahasa mana gitu (gw lupa) yang artinya “misteri”. *nahloooo..

    • shiella
    • November 2nd, 2011

    smoga doa lw didenger si bung E yah .___.
    yang misterius itu menarik tapi agak nyeremin ya -___-‘

  3. waaahhhhh,,,, agak berat nih tulisannya,,
    bagus……

  4. berat nih bahasanya,,,
    tapi bagus,, berbobot🙂

    • septria utami
    • November 6th, 2011

    beuhhhh blog itu misterius bgt sama kaya ucup kadang2 sih hahha tapi kereeeeeeeeeeeeeen cup bahasan nya lengkap (y)

  5. rindu post baru dari enigma
    aq baca d kaskus meninggal bener gak sih

    • iya sya juga baca, dan emang kabar angin yang beredar begitu..
      semoga aja engga ya, bolak balik mampir enigma cuma baca tambahan komen di postingan terakhir nya doang..😦

    • Mozart
    • Januari 14th, 2012

    1 hal yg pasti,, di blognya ataupun di Account FB nya bung E msih ‘Ada’.. lhat ja coment2 dari postingan terakhirnya , smakin bertambah ~!
    itu berarti bung E(orang lain) smpat mmbuka Blog nya dan meng ‘approve stiap comment2 nya..
    baru2 ini jg saya lhat di account FB nya dy meng Confirm bberapa orang..
    jadi. bung E mngkin hnya sdang Vakum dari dunia Blogger krn sesuatu hal.. ~~
    *weleh2 hebat bner nih Bung E.. mpe bkin konspirasi2 konyol begini..

    • sisore
    • Januari 21st, 2012

    Kesedihan ane sangat-sangat susah dilukiskan. Saking asyiknya ngikutin blog itu, ane sampe udah lupa kapan awal ngikutin blog Bang E. Dan memang benar bahwa blog beliau, walo mgkn sangat kecil bidang bahasannya, sudah menjadi Priority Interest dalam ber-internet ria buat ane.
    Kehilangan seseorang yg sangat kritis dan pencerita yg hebat benar-benar terasa berat.

    Just as you know, Bang E.
    Anda sudah menjadi salah satu orang yg paling aku kagumi di jagat internet walau tak sekalipun aku pernah melihatmu. Your hardworks will forever be remembered, Bang E. (T^T)

    Junglemount

    maaf, numpang curhat😀

  6. Kesedihan ane sangat-sangat susah dilukiskan. Saking asyiknya ngikutin blog itu, ane sampe udah lupa kapan awal ngikutin blog Bang E. Dan memang benar bahwa blog beliau, walo mgkn sangat kecil bidang bahasannya, sudah menjadi Priority Interest dalam ber-internet ria buat ane.
    Kehilangan seseorang yg sangat kritis dan pencerita yg hebat benar-benar terasa berat.

    Just as you know, Bang E.
    Anda sudah menjadi salah satu orang yg paling aku kagumi di jagat internet walau tak sekalipun aku pernah melihatmu. Your hardworks will forever be remembered, Bang E. (T^T)

    Junglemount

    maaf, numpang copas😀

    • jhony Wise
    • Januari 29th, 2012

    menginspirasi…………………..

  7. Aku harap suatu hari nanti bang e bikin post lagi, yang mengungkap berita hoax tentang kematianya, yang dimuat ditinta merah😉

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: