Kata-kata, berilah makna pada setiap ucapannya..

Hmm, tulisan dikatakan tugas pun saya bingung mau menulis seperti apa karena hanya diminta menuliskan kesan dan pesan saya setelah mengikuti perkuliahan tadi sore..

Yah bagaimanapun akhirnya saya harus tetap menulis, dan sepertinya ini malah akan menjadi cerita dan luapan hati saya tentang kehidupan:/

Sebenarnya saat sebelumnya dijanjikan akan menonton “film” oleh dosen saya, bayangan yang terlintas adalah mungkin akan diperlihatkan film tentang psikologi, gangguan mental, atau apalah itu.

Tapi ternyata saat beliau mulai menyetel film pertamanya di layar infocus, ini berbeda dengan yang saya fikirkan tadi. Diawali dengan video tentang serorang gadis yang merasa tertekan dengan “kata-kata” dan bulliying dari temannya. Lalu dengan video kedua yang menceritakan tentang berubahnya pandangan orang pada seorang pengemis tuna netra yang hanya dipengaruhi dengan beberapa kata-kata. Dalam video kedua ini diceritakan bahwa ada seorang pengemis tua yang memang tuna netra, dia meminta belas kasihan orang lain dengan hanya bermodalkan sebuah kaleng dan potongan kardus yang bertuliskan “i’m blind, please help me”. Orang yang melihat pengemis tersebut memang merasa kasihan dan beberapa ada yang memberikan uangnya.. ya, sekedar kasihan hanya karena kebutaannya semata.

Lalu seorang wanita melintas di depannya, dia terlihat acuh dan bahkan memang tidak memberikan uangnya sepeserpun. Tapi ada suatu hal yang dia lakukan pada potongan kardus pengemis itu, dengan cara mengganti tulisannya. Setelahnya wanita itu pergi begitu saja. Yang terjadi kemudian? Diluar perkiraan, orang yang melintasi pengemis tua tersebut menjadi lebih banyak memberikan uang mereka setelah membaca tulisan wanita tersebut, sang pengemis kebingunan. Beberapa saat kemudian wanita itu kembali menghampiri pengemis, dan pengemis itu ternyata mengenalinya, dia akhirnya mencoba bertanya pada wanita itu apa yang dia lakukan pada tulisan dikardusnya, wanita itu hanya menjawab “i just help you”. Menurut teman teman apa yang mungkin wanita itu tuliskan? ‘It’s a beautiful day, and I can’t see it”, Hanya beberapa bilah kata yang berbeda untuk menjelaskan seberapa butanya pengemis itu..

Sadarkah kita bahwa hanya dengan kata-kata, hidup kita bisa berubah dan menjadi sangat berbeda? Change your words, Change your world.Penggunaan kata-kata dengan suatu pemahamanan pengaplikasian yang tepat. Bisa membuat sesuatunya menjadi lebih berarti dan berharga, atau bahkan lebih buruk dan menyakitkan. Cobalah memberi makna lebih pada setiap kata kata yang kita ucapkan, dan namun tetap berhati hatilah, karena terkadang kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita ataupun orang lain saat kata tersebut terucap.

Ya, tapi mungkin hal ttersebut berlaku bagi mereka yang memang bisa menyampaikan kata-katanya dengan baik, lalu bagaimana dengan yang tidak? Coba lihat video berikut ini.

Sori jadi mesti buffering. tapi coba dilihat deh engga bakal nyesel.

Sepertinya video itu sendiri sudah bisa menjawab apa yang mau saya jelaskan. Ini juga merupakan salah satu video yang dosen saya perlihatkan tadi, dan kebetulan saya punya juga.. (dapet dari kask*us :p). Diceritakan bahwa seorang anak perempuan dengan ayahnya yang tuna wicara. Sang ayah begitu cinta dan sayang kepada putrinya tersebut, dan terus berusaha memberikan kebahagiaan walau dengan segala keterbatasan yang dia punya. Tapi sayangnya si anak masih belum bisa menerima “kekurangan” ayahnya tersebut, dan bahkan orang-orang dilingkungannya pun justru malah makin memperburuk keadaan dengan mendiskriminasi si anak karena kekurangan ayahnya itu (inilah contoh hal buruk yang bisa tercipta karena kata-kata). Si anak menjadi begitu benci dan terus menghindari ayahnya. Tapi tanpa berkurangnya rasa cinta sang ayah, dia tetap ingin memberikan yang terbaik kepada putrinya meskipun tanpa sepatah katapun yang terucap darinya.

Dan, yah kalian dapat melihat sendiri rasa cinta dan pengorbanan yang dilakukan sang ayah pada putrinya di video itu L. Bahkan tanpa berkata apa-apa pun kita masih dapat memperlihatkan rasa cinta kita pada seseorang dengan cara yang jelas lebih berdampak besar, yaitu siakap dan tindakan kita.

Bayangkan apa yang dapat terjadi jika kita dapat mempengaruhi orang lain, dengan menggabungkan dan memberikan makna lebih pada setiap penyampaian kata-kata, sikap, dan tindakan yang kita berikan. Be nice in your words and your move, then you’ll get a nice path in your life🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: